Selasa, 10 Mei 2011

Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007

Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word. Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yangmengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan.Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.
Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagimenyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab (lihat gambar 1.2) yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.


Bagian 1:
Mengenal Microsoft Office Word 2007
Pada bab ini akan diuraikan tentang perkenalan terhadap Microsoft Office Word 2007 seperti membuka dan menutup jendela Word 2007, menyimpan dan membuka file, membuat dokumen baru, mengenal jendela Word 2007 dan mengenal dasar pengetikan yang merupakan langkah awal yang benar-benar harus dikuasai dalam mempelajari Microsoft Office Word 2007
1.1 Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
Ø  Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
Ø  Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu.
Ø  Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft OfficeWord 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut di
desktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.
Adapun untuk membuat shorchut tersebut adalah:
Ø  Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program
Ø  Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007.
Ø  Ketika muncul sejumlah menu  klik Send To dilanjutkan dengan mengklik Desktop (create shorchut).

Keterangan bar pada office
·         Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
·         Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo,dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujungkanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik MoreCommands.
·         Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
·         Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
·         Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
·         Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
·         Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain.
·         Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
·         Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
·         Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.
1.3 Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
  • Klik tombol Microsoft Office , lalu klik New .
  • Maka keluar kotak dialog New Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007Saepuloh
Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti:
  • Blank document, untuk dokumen yang kosong.
  • Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan dalam paket Microsoft Word.
  • My Template untuk dokumen dari template buatan.
  • New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
  • Jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
  • Jika sudah dipilih, klik Create.
Atau bisa juga menggunakan cara alternatif:
  • Klik tombol New Document ( ) yang ada pada toolbar quick access (jika sudah dibuat).
  • Apabila pada toolbar Quick Acces belum terdapat icon file, klik gambar panah di ujung toolbar lalu klik (tandai) pada kata new.
  • Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.
4 Mengenal Dasar Pengetikan
Ada dua istilah dalam pengetikan taitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.
Tombol Fungsi
  • Backspace Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kiri insertion point
  • Delete Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kanan insertion point
  • Enter Membuat paragraf baru
  • Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter tanpa menghapus karakter
  • Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris tanpa menghapus karakter
  • Ctrl + 􀃅/􀃆 Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kataCtrl + 􀃇/􀃈 Berpindah ke atas atau ke bawah satu paragraph
  • Home Berpindah ke awal baris
  • End Berpindah ke akhir baris
  • Ctrl + Home Berpindah ke awal dokumen
  • Ctrl + End Berpindah ke akhir dokumen
  • Page Up Berpindah ke atas satu layar
  • Page Down Berpindah ke bawah satu layar
  • Ctrl + Page Up Berpindah ke atas satu halaman
  • Ctrl + Page Down Berpindah ke bawah satu halaman
1.5 Menyimpan Dokumen
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen yang baru saja kita buat ke bentuk file dokumen
pada sistem Microsoft Office Word 2007 adalah:
Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save As. (atau tekan CTRL+S untuk perintah di key board atau juga icon untuk di toolbar quick access).
Panduan Penggunaan Microsoft Office Word 2007
Saepuloh
  • Ketiganya akan menampilkan kotak dialog Save As
  • Pada pilihan Save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
  • Ketikkan nama file dokumen pada kotak File name, lalu klik Save.
Catatan:
ü  Untuk membuat folder baru klik
ü  Untuk menentukan tampilan deretan file dokumen
ü  Untuk kembali pada folder yang telah dibuka, klik
ü  Untuk naik satu level ke folder diatasnya, klik
1.6 Menyimpan Setelah Melakukan Perubahan
Untuk menyimpan dokumen yang baru saja di rubah di file asalnya (file itu juga), caranya tinggal Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save (atau tekan CTRL + S di key board).
1.7 Menyimpan Dokumen Dengan Nama Lain
Untuk menyimpan dokumen yang sudah di simpan pada sistem Microsoft Office 2007, dan ingin disimpan dengan nama lain (tidak disatukan dengan dokumen asli), maka:
ü  Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as . (atau tekan F12 di key board).
ü  Keduanya akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen baru (tidak boleh sama dengan nama sebelumnya) pada kotak file name, lalu klik Save.
1.8 Menyimpan Dokumen Ke Format Lain.
Secara default, Microsof Word 2007 memiliki ektensi (akhiran) docx. Untuk menyimpan dokumen yang baru saja kita buat pada sistem Microsoft Office 2007 ke format lain caranya:
  • Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Save as. (atau tekan F12 di key board). Maka muncul kotak dialiog Save As.
  • Pada pilihan save in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
  • Pada kotak File name, masukan nama baru (jika namanya ingin dirubah).
  • Pada pilihan Save as type, klik format file dokumen yang diinginkan.
  • Klik Save.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More