Selasa, 10 Mei 2011

Manfaat tanamn tomat

Tanaman tomat

Tanaman tomat merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di semua tempat baik di dataran rendah maupun dataran tinggi (Heri Tugiyono, 1989).
Manfaat tomat sebenarnya sudah di teliti sejak lama, seperti penelitian Menurut Bennet (1834), Hasil penelitiannya menunjukkan tomat dapat mengobati ganguan pencernaan, diare, memulihkan fungsi lever dan serangan empedu. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah penyebab stroke dan penyakit jantung. Tomat juga mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya (Budi, 2007).
Menurut Pudjiatmoko (2008), tomat sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan dan kesehatan, buah tomat juga mengandung karbohidrat, protein, lemak dan kalori. Buah tomat juga adalah komoditas yang multiguna berfungsi sebagai sayuran, bumbu masak, buah meja, penambah nafsu makan, minuman, bahan pewarna makanan, sampai kepada bahan kosmetik dan obat-obatan.
Secara statistik manfaat buah tomat tidak berbeda bermakna dibandingkan dengan kombinasi vitamin C-bioflavonoid untuk menghambat peningkatan jumlah leukosit dan persentase neutrofil setelah latihan aerobik high impact (Anonim, 2007a).
Pada rentang waktu 1987-1999, penggunaan buah tomat sebagai buah segar relative stabil, rata-rata sebanyak 0,16 kg per kapita per tahun. Pemanfaatan tomat sebagai buah-buahan lebih rendah dibandingkan dengan pemanfaatan buah semangka yang mencapai rata-rata 0,47 kg per kapita per tahun, serta lebih rendah dibandingkan dengan pemanfaatan buah-buahan pada umumnya (BPS, 2000 dalam Setijo, 2005).
Produk olahan tomat sebagai komoditas agroindustri yang telah dikenal dikenal oleh masyarakat antara lain saus tomat (Setijo, 2005).
Kenyataan sekarang pemanfaatan buah tomat di masyarakat saat ini masih begitu rendah, namun jika masyarakat mengetahui manfaat dari tomat yang begitu banyak, maka lama-kelamaan tomat akan menjadi buah idola untuk menunjang kesehatan mereka. Untuk itu kita haruslah membuat masyarakat yang memanfaatkan buah tomat tersebut akan benar-benar sehat. Yaitu dengan cara membuat/menanam buah-buahan khususnya tomat yang bebas pestisida. Minimal mengurangi bahan kimia yang diaplikasikan saat proses penanaman.
Walaupun Pupuk kimia dan pestisida pada kenyataannya memang dapat meningkatkan produksi pertanian. Namun hal ini hanya berlangsung dalam jangka pendek, sedangkan dalam jangka panjang bahan-bahan tersebut dapat menurunkan produksi pertanian  baik secara kualitas mapun kuantitas. Dampak yang lebih parah adalah mengakibatkan kerusakan pada tanah hingga tidak dapat lagi dipergunakan untuk kehidupan tanaman sebagai akibat dari akumulasi residu kimia di dalam tanah, serta timbulnya hama dan penyakit baru yang menyerang tanaman (Muntoyoh dalam Made, 2002).
Pertanian akrab lingkungan (Natural Farming) adalah suatu cara bertani yang tidak merusak ekosistem alami untuk menghasilkan produk pertanian yang sehat dan cara berkesinambungan, tanpa atau dengan mengurangi penggunan pestisida, pupuk kimia dan zat-zat kimia lainnya. Pandangan dari cara bertani ini adalah sistematis dengan tujuan untuk mengenal jaringan yang berfungsi yang terdapat didalamnya. Dengan demikian, dalam menilai kondisi ekologis tidak hanya skala ekologis yang berlaku akan tetapi hubungan antara manusia dan alam yang sifatnya normatif kultural, hiegenis medis, politis dan teknologis haruslah diperhitungkan dalam tingkat yang sama (Egger dalam Made, 2002).
Pemanfaatan bahan organik sangat penting dalam memperbaiki sifat­-sifat fisika, kimia, dan biologi tanah (Buckman et al. dalam Muhammad et al., 2007).
Bahan organik berupa pupuk kandang sapi matang dapat memperbaiki pertumbuhan dan produksi buah tomat (Pujisiswanto et al., 2008).
Kompos merupakan salah satu komponen untuk meningkatkan kesuburan tanah dengan memperbaiki kerusakan fisik tanah akibat pemakaian pupuk anorganik (kimia) pada tanah secara berlebihan yang berakibat rusaknya struktur tanah dalam jangka waktu lama (Wahyu et al., 2007).
Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa EM-4 dapat memperdalam lapisan olah tanah serta meningkatkan agregasi tanah, apabila EM4 ini diaplikasikan ke dalam tanah dapat meningkatkan ketersediaan P2O5 bagi tanaman. Menurut penelitian yang dilakuakn (Higa et al. dalam Intan, 2009).
EM terdiri atas kultur campuran mikroorganisme bermanfaat dan hidup secara alami serta dapat diterapkan sebagai inokulun untuk meningkatkan keragaman mikroorganisme tanah dan tanaman (Higa et al. dalam Made 2002). Proses dekomposisi bahan organik dengan inokulasi EM4 berlangsung secara fermentasi baik dalam keadaan aerob dan anaerob. Proses ini akan menghasilkan senyawa-senyawa organik berupa asam amino, asam laktat, gula, alkohol, vitamin, protein dan senyawa organik lainnya yang dapat mengikat ion-ion yang dibutuhkan oleh tanaman. Ion-ion tersebut berada dalam keadaan stabil (antioksidan) sehingga mudah diserap oleh tanaman (Riga et al. dalam Jefri et al., 2007).
Pemberian EM4 merupakan salah satu larutan dan biologi tanah, mempercepat dekomposisi perombakan karena mengandung bakteri asam laktat yang dapat memfermentasikan bahan organik yang tersedia dan dapat diserap langsung oleh perakaran tanaman. Penggunaan EM4 mempunyai beberapa keuntungan yang dapat meningkatkan produksi tanaman dan mengatur keseimbangan mikroorganisme tanah (Higa dalam Yacob et al., 2007).
Aplikasi EM-4 pada penanaman tomat memperlihatkan beberapa pengaruh antara lain perubahan fisik, bioligis dan kimia tanah, menekan perkembangan populasi Trichoderma sp serta Penicillium sp, sebagai penekan perkembangan Fusarium sp, memperdalam lapisan olah tanah, meningkatkan agregasi tanah serta memacu pertumbuhan dan produksi tomat (Wididana dalam Made, 2002).

2 komentar:

pantas aja EM-4 sering dipakai dalam pembuatan pupuk kompos,,,!!!

iya bro alx EM-4 tu mempercepat dlm hal pembuatan kompos
hehehe

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More