Minggu, 17 April 2011

makalah anggrek

PENDAHULUAN

Sudah lama anggrek dipelihara di mana-mana. Hal ini tidak mengherankan karena bunganya sangat indah. Begitu indahnya bunga anggrek sehingga telah sejak zaman dahulu di kalangan masyarakat, di mana-mana timbul rasa kekaguman terhadap bunga anggrek terutama para kaum hawa. Mereka menggunakan bunga anggrek untuk hiasan sanggulnya.
Disamping warnanya, anggrek mempunyai daya tarik lain yaitu baunya yang khas. Dengan bau bunga ini, serangga yang jauh tempatnya pun dapat tertarik untuk menghisap madunya. Berdasarkan baunya ini pula, di Eropa dan negara-negara lain orang membuat campuran minyak wangi dari bunga angrek.
Sejak orang mengenal anggrek maka orang berusaha untuk mengerti lebih banyak lagi dan berusaha untuk menanam anggrek secara teratur. Sekarang dimana-mana timbul penggemar-penggemar anggrek bagaikan tumbuhan jamur di musim penghujan, baik pengemar yang bertujuan untuk memperdagangkannya maupun penggemar yang hanya sekedar hobby saja.
Perdagangan bunga-bungaan, termasuk juga jenis bunga anggrek merupakan sumber devisa. Di Muangthai perdagangan ini sangat menguntungkan sekali, malahan merupakan salah satu ekspor penting. Dengan demikian maka uang akan mengalir ke kas negara.
Melihat perkembangan pergerakan di Indonesia dewasa ini diharapkan Indomesia akan menjadi negara anggrek, dengan meliihat banyaknya jenis anggrek yang terdapat di Indonesia. Tuhan Yang Maha Esa memmberikan iklim tropis pada bumi Indonesia sehingga dapat memenuhi syarat untuk menjamin hidup Anggrek.
Anggrek species di Indonesia banyak yang termasuk anggrek yang indah, misalnya, Vanda tricolor. Anggrek ini banyak terdapat di daewrah Jawa Barat. Larat atau Dendrobium phalanopsis , anggrek bulan atau phalaenopsis amabilis adala sebagiam kecil anggrek yang ada di Indonesia.

ISI DAN PEMBAHASAN
Di tempat asalnya anggrek ada yang hidup di pohon, yaitu menempel pada batang dan dahan pohon dan ada juga yang hidup di tanah yang kaya dengan daun-daun yang sudah menjadi humus.
Jika kita pergi ke hutan atau pegunungan dan disitu kita melihat berbagai macam tanaman mungkin salah satu tanaman tersebut adalah jenis anggrek yang belum dikenal orang sama sekali. Banyak saja tanaman yang mirip (menyerupai) anggrek yang batangnya, bunganya bahkan daunnya sangat mirip sekali dengan anggrek. alangkah menyesalnya seandainya dari tempat yan jauh tersebut kita mengambil tanaman anggrek. ternyata oleh teman yang mengenal dengan baik anggrek tanaman yang kita bawwa tersebut dinyatakan sebagai Lily.
Karena hal tersebut kita harus bisa membedakan suatu tanaman itu anggrek atau bukan haruslah diketahui sifat khas dari anggrek.

I. Sifat-sifat khas anggrek dilihat dari bunganya
Apabila kita perhatikan maka tiap-tipa bunga anggrek mempunyai bentuk, warna dan bau yang berbeda-beda. Warna anggrek merupakan alat ampuh untuk memikat serangga. Warna-warna ini disebabkan oelh zat warna yang terkandung dalam bunga tersebut. Zat wana tersebut terkandung plastida-plastida atau cairan anthosyan. Warna-warna yang beraneka ragam banyak menarik serangga-serangga.tetapi anehnya tiap-tiap warna yang tertentu yang akan di kunjungi oleh serangga yang tertentu pula. Misalnya lebah lebih menyukai warna biru, oleh sebab itu lebah lebih banyak menyerbukan bunga yang mempunyai warna biru. Menurut Albro Gaul, jenis serangga yang menyerbukkan bermacam-macam bunga kurang lebih sebanyak sepuluh ribu banyaknya. Lalat menyerbukan bunga berwarna putih, kumbang akan lebih suka menyerbukan bunga berwarna. Bunga yang sering di kunjungi lebah pada umumnya warna biru atau lembayung, merah dan sebagainya. Kupu-kupu dating apabila bunga sudah masak.
Maksud dari bunga anggrek dengan memameran warnanya itu tiada lain untuk menarik perhatian serangga dan juga untuk mengambil manfaat dari datangnya serangga tersebut. Hal inilah yang dinantikan-nantikan oleh bunga terjadi peyerbukan atas dirinya.
Sering-sering bunga anggrek mengalami perubahan-perubahan. Bunga yang sering kali mengalami perubahan sering di datangi jenis-jenis serangga yang tergolong cerdas. Jenis serangga yang cerdas misalnya lebah. Bau bunga memang peranan paling penting dalam proses penyerbukan, karma dengan bau itu serangga dapat tertarik, bahkan ada kupu-kupu yang dapat mencium baunya sampai berpuluh-puluh kilometer jauhnya.
Bentuk daripada tiap-tiap bunga berlain-lainan. Benuk bunga ini memungkinkan bunga itu lekas terlihat oleh serangga dan juga memudahan berlangsungnya penyerbukan. Antara bunga dan serangga terjadi jalinan yang erat. Bunga memerlukan serangga begitu sebaliknya serangga membutuhkan bunga.
a. Bagain-bagian dari bunga anggrek :
Daun bunga pada anggrek berjumlah 6 helai.
b.Daun bunga pada anggrek ada 3 sepal yang akan membuka terlebih dahulu apabila bunga mulai mekar.
c. Pada waktu bunga masih kuncup petal terbungkus oleh sepal
d. Memiliki gynaecium yang bersatu dengan benang sari (bentuknya seperti tiang)
II. Cara memanam anggrek
Untuk menanam anggrek ada bermacam macam cara yang disesuaikan dengan sifat hidupnya misalnya untuk jenis anggrek epiphytis atau anggrek tanah. Untuk anggrek ini ada dua cara untuk menanam


1.1. Cara menanam dengan pot
Pot yang kita butuhkan haruslah baru, karena pot yang bekas biasanya banyak mengandung bakteri, jamur dan lumut. Selain itu pot yang dipilih harus sesuai dengan jenis tanamannya. Misalnya jenis anggrek Vanda meminta pot yang dalamsedangkan anggrek bulan atau Phalaenopsis memerlukan pot yang tidak dalam.
Pot yang kita pakai kemudian diberi stick atau tiang penahan yang diletakan sampai menyentuh dasar pot (khusus anggrek yang tumbuhnya tidak bisa tegak). Untuk jenis anggrek yang memiliki batang monopodial cara menanam diletakan ditengah-tengah karena anggrek ini tumbuhnya lurus ke atas.



2.1. Cara menanam anggrek dengan Ditempelkan pada pohon atau pada pakis papan
Jika anggrek kita tempelkan pada suatu pohon, maka anggrek cukup kita tempelkan dan diikat menempel pohon tadi dengan tali plastic atau tali yang lainnya yang tidak berekarat. Setelah keluar akarnya dan telah melekat erat, tali bisa kita ambil. Cara ini kadang-kadang kelihatan kurang rapi. Cara yang lebih rapi dan kokoh ialah menggunakan kawat yang kuat, dipotong-potong panjangnya + 5-6 cm, lalu dibengkokan menjadi seperti hurup U. kawat digunakan untuk menjepit batang anggrek yang ditempelkan pada papn pakis atau pohon.


III. Hama dan penyakit anggrek
Sejak adana tumbuhan di dunia ini maka penganggu pastilah ada. Demikianhalnya demgan anggrek. Yang dimaksud dengan hama ialah serangga,bekicot, belalang dan lain-lainnya.

3.1 Ganguan yang berupa HAma
1) Tungau, rode, red, spider, Acarina adalah sebangsa binatang berkaki delapan yang sangat kecil, berwarna merah bersembunyi di ketiak-ketiak daun
2) Lipas dan cengkerik adalah binatang ang memakan ujung-ujung akar dan tunas tanaman
3) Bekecot (Acarina fulika) yang masih kecil makan daun-daun muda dan yang tua memakan apa saja baik daun tua maupun muda
4) Semut melukai tunas sehingga tunas mengeluarkan Sel-sel yang kemudian dimakan oleh semut. Hal tersebut memberikan kesempatan pada bakteri untuk masukl
5) Xylocopa jenis kumbang ini senang mengganggu bunga anggrek pensil
6) Belalang suka makan pucuk-pucuk daun
7) Kutu daun menyebabkan daun menjadi kuning ,lama kelamaan menjadi coklat lalu daun mati
8) Kumbang anggrek yang berwarna kuning membuat sarang di atas daun
9) Bubuk laratmerusak batang, dan akar anggrek






KESIMPULAN
1. Anggrek mempunyai bentuk warna dan bau yang berbeda-beda, jadi warna-warna disebsbkan zat warna yang terkandung dalam bunga anggrek
2. Antara bunga dan serangga terjadi jalinan yang erat
3. dalam menanam tanaman anggrek terdapat dua cara, menanam dalam pot dan menempelkan pada pohon atau pakis papan
4. anggrek merupakan anaman yang rentan terserang hama karena anggrek dapat mengundang serengga dari bau bunganya



SARAN
1. Agar populasi anggrek di Indonesia tidak berkurang maka diperlukan pembinaan yang khusus terhadap tanaman ini karena merupakan tanaman yang memiliki nilai ekspor (jual) yang tinggi
2. Agar dilakukan penelitian yang lebih mendalam tentang tanaman anggrek karena tanaman anggrek merupakan tanaman yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia





































DAFTAR RUJUKAN

Holttum (1957) menyatakan, tanaman ini hanya cocok ditanam pada dataran rendah dan membutuhkan musim panas yang teratur untuk mematangkan tangkainya supaya dapat dengan mudah menghasilkan buah.
Soeryowinto,Sutarmi.M,s (1986) warna anggrek merupakan alat yang ampuh umtuk memikat seranggai namun tiap warna anggrek tertentu akan dikunjungi serangga tertantu pula
Anggriani, Debora, (1969) menanam anggrek ada bermacam macam cara yang disesuaikan dengan sifat hidupnya misalnya untuk jenis anggrek epiphytis atau anggrek tanah dapat di tanam dalam pot atau di tempel di dinding

Salimin (1991 : 19) Merupakan tumbuhan liar di hutan-hutan, tumbuh pada batu-batuan berlumiit atau batang pohon mati yang basah, kadang-kadang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Tumbuh baik di tempat yang terlindung dan lembab, pada ketinggian 800 m sampai 2.300 m diatas permukaan laut. Berbunga pada bulan Maret, pemanenan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Amiarsi, D., Syaifullah, dan Yulianingsih. 1996. Komposisi
terbaik untuk larutan perendaman bunga anggrek potong Dendrobium Sovia Deep Pink. J. Hortikultura 9(1):45-50.

2 komentar:

lumayan nambah pengetahuan kita niehhhh....
nice info bro...

http://anakbusur.blogspot.com

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More